Tuesday, March 1, 2011

Trik Kostumisasi Tema HP Tanpa Software

Ada cara mudah untuk kostumisasi tema ponsel sendiri. Tanpa perlu software apapun. Trik ini aku dapatkan dari suatu forum tapi udah lupa forum apa.

Trik ini juga belum pernah aku cobakan pada tema HP merek lain, hanya pada tema Nokia.

1. Download atau pilih tema yang ingin dikostumisasi 

Pastikan tema tersebut memiliki semua komponen yang kamu butuhkan, misalnya icon yang lengkap, menu bar, dan lain-lain sesuai keinginan. Karena disini kita nggak bisa membuat atau menambahkan, tapi hanya me-replace.

2. Pindahkan file tema tersebut ke komputer

Lalu rename dan ubah file extension-nya menjadi zip. Misalnya best_theme.nth, maka ubah menjadi best_theme.zip. Setelah itu klik kanan dan ekstrak.

3. Replace

Nah sekarang kamu punya folder berisi file-file gambar tema tadi. Kamu bisa mulai ganti-gantiin gambar-gambarnya, tapi ingat: nama file-nya harus sama. Karena sekali lagi disini kita hanya bisa me-replace atau menggantikan file yang sudah ada.

Jadi misalnya gambar untuk icon Message bernama "msg.png", maka overwrite atau timpal file tersebut dengan nama yang sama. Kalau ukuran file beda nggak masalah sih. Paling ukuran file temanya ntar jadi lebih gede.

4. Zip

Kalau sudah selesai, kamu zip kembali folder berisi file-file gambar tersebut (klik kanan, Add to archieve).

Untuk mencegah file .zip dengan nama yang sama, kamu bisa menghapus file .zip yang pertama.

5. Rename lagi

Rename file .zip tersebut dan ubah ekstensi filenya menjadi .nth. Sekarang tinggal kamu masukkan ke hp dan coba.

Trik ini memang bisa dibilang "ngebajak" tapi lumayanlah buat berkreasi sendiri. Ini contoh hasil "bajakanku" untuk Nokia S40 (240x320): Tarot Theme.

Selamat mencoba.

5 comments:

  1. aq juga sma sukanya dengan tips ponsel, api sayangnya cuma demen ma aplikasi java. oleh dong ikutan tutorial symbian atau android disini . salam kenal sob :)

    ReplyDelete
  2. Hay all... salam kenal yah!
    aku blh kan gabung?:)

    ReplyDelete
  3. salam kenal juga freestyler. silahkan gabung biar hangat, hangat, hangaatt... hehe :]

    ReplyDelete

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro