Friday, March 18, 2011

The Langley Schools Music Project "Innocence & Despair"


The Langley Schools Music Project adalah rekaman yang diambil pada tahun 1976-77 atas prakarsa seorang guru musik Hans Fenger.

Dia memimpin murid-muridnya di sekolah Langley School District di British Columbia untuk memainkan musik dan menyanyikan bukan lagu anak-anak pada umumnya, tapi lagu-lagu yang populer pada masa itu seperti David Bowie, Paul McCartney dan The Beach Boys. Tapi dengan aransemen musik yang serius dan rekaman dilakukan di gym sekolah di Langley, Metro Vancouver, Kanada.

Pada dasarnya Fenger tidak memahami betul cara pengajaran musik konvensional. Dan ia menekankan untuk menunjukkan sisi nyata kehidupan anak-anak yang bisa dipenuhi kesedihan dan kesepian.

Album Innocence & Despair ini adalah kompilasi dari dua potongan LP (long playing) yaitu Lochiel, Glenwood, and South Carvolth Schools yang dibuat tahun 1976 dan Hans Fenger/Wix-Brown Elementary School yang dibuat pada tahun 1977.

Pada tahun 2000, seorang kolektor rekaman, Brian Linds menemukan rekaman pertama lalu mengirimkannya ke Irwin Chusid, seorang pendukung musik luar. Setelah ditolak sepuluh perusahaan rekaman, akhirnya Bar/None Records menerima dan merilis Innocence & Despair. Sejak itu, pada tahun 2001 album ini menjadi terkenal dan masuk dalam daftar album akhir tahun terbaik 2001.

Tracklist:
  1. Venus and Mars/Rock Show
  2. Good Vibrations
  3. God Only Knows
  4. Space Oddity
  5. The Long and Winding Road
  6. Band on the Run
  7. I'm Into Something Good
  8. In My Room
  9. Saturday Night
  10. I Get Around
  11. Mandy
  12. Help Me, Rhonda
  13. Desperado
  14. You're So Good To Me
  15. Sweet Caroline
  16. To Know Him Is To Love Him
  17. Rhiannon
  18. Wildfire
  19. Calling Occupants of Interplanetary Craft

Film School of Rock (2003) yang dibintangi Jack Black juga diinspirasi dari album ini.

Di film Where The Wild Things Are (2009), yang juga merupakan film favoritku, sutradara Spike Jonze mendapuk vokalis Yeah Yeah Yeahs, Karen O untuk membuat soundtrack filmnya dan mereferensikan album Innocence & Despair sebagai contoh musik yang "memiliki melodi yang sederhana namun kompleks secara emosional—sesuatu yang bisa dihargai oleh anak-anak maupun orang dewasa."


'Prakarya' anak sekolahan seperti ini mungkin nggak ada lagi jaman sekarang.

Bagi kamu yang suka musik-musik yang nyeni atau sekedar ingin mencoba ngupingin jenis musik yang berbeda, album ini sangat layak dicicipi.

Sekedar menyebutkan, lagu-lagu favoritku dalam album ini, antara lain: The Long and Winding Road, Saturday Night, Help Me, Rhonda, Desperado, dan Wildfire.

Tapi rata-rata semua tracknya unik dan keren.

Semua alat musik dan paduan suara dimainkan oleh anak-anak. Bahkan, di beberapa lagu, bisa didengar irama drum yang agak kurang pas, dan harus diakui, kualitas rekamannya juga nggak sebagus rekaman band-band pada umumnya. Namanya juga proyek sekolahan, dibikinnya di ruang olahraga, pula.

Tapi justru itu yang membuatnya unik dan mengagumkan. Menunjukkan betapa kreatif dan karya seni macam apa yang bisa dihasilkan sekelompok anak SD dengan seorang guru musik yang super keren seperti Hans Fenger. Seandainya ada guru seperti dia di SD Inpres-ku dulu. Hahay...

Download The Langley Schools Music Project - Innocence & Despair

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro