Sunday, February 27, 2011

Menggunakan Timer Untuk Menulis Konten Blog

Aku mendapatkan tips ini dari website ticktocktimer.com. Secara praktis penggunaan timer bisa digunakan untuk membantu kita fokus dalam mengerjakan berbagai hal. Termasuk belajar, membersihkan kamar, menentukan waktu tidur, bermain, dan termasuk menulis konten blog. Malah sebenarnya dua paragraf pertama ini aku tulis dengan menggunakan timer ponsel yang aku set 5 menit.

Ini sangat luarbiasa karena menuntun kita pada spontanitas dalam menulis. Pada kenyataannya, biasanya kita sering terhenti di banyak bagian dalam tulisan karena kita memikirkan terlalu banyak, mengenai kata-kata yang lebih baik, bahasa yang lebih pas, dan sebagainya. Tapi dengan cara dikejar waktu seperti ini, kita tidak tahu apa saja hal menarik yang mungkin bisa kita keluarkan dari pikiran secara lebih spontan. Lagipula sisa waktu selanjutnya bisa kita gunakan untuk mengedit.

This is amazingly fun. Awalnya aku meniatkan satu paragraf pembuka untuk coba-coba. Dan hasilnya aku menghasilkan dua paragraf (diatas) dalam 5 menit. Ini mungkin sesuatu yang relatif kecil. Tapi spontanitas dan penetapan fokus dalam menulis ternyata memberikan kesenangan (dan kepuasan) yang berbeda.

Kepalaku masih rada denyut gara-gara 'memaksa keluar' isi pikiran dalam waktu singkat. Hahah. Semoga hasilnya nggak begitu jelek.

Cara ini memang tujuannya membuat kita lebih peka terhadap waktu. Dan juga membantu kita fokus pada pekerjaan. Tinggal set timer 30 menit untuk belajar, atau 20 menit untuk main game.

Jika kalian tertarik mempraktekkannya, kalian bisa baca disini. Atau gunakan cara ini sesuai kreativitas masing-masing. Jangan lupa ceritakan pengalaman kalian lewat komentar di bawah.

3 comments:

  1. kalau saya masih belum bisa fokus sob; terutama menulis konten blog pasti agak telat;yg jelas sebulan sekali;hehe....tapi sambil kita belajar semoga bisa fokus dan konsisten untuk masa kedepannya.

    ReplyDelete
  2. Aseek. Ya ini cuma salah satu cara aja gan. Yang penting kita menikmati "ibadah ngeblog" hehehe. thnx for comment. =]

    ReplyDelete
  3. haha, tipsnya menarik kayaknya nih sob...
    sayang hapeku lagi diservis :(
    Thx deh pokoknya mah :D

    ReplyDelete

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro