Thursday, February 24, 2011

Welcome Back, Smart

Akhirnya hari ini Smart sembuh dari "penyakit"-nya. Aku bisa pake buat akses Internet lagi dan yang terpenting bisa download album lagi dari mp3crank.com.

Dosa dan anugerah paket harian Smart vs. Telkomsel

Selama beberapa hari sebelumnya aku pakai paket harian Telkomsel dengan kartu Simpati (Rp 5,000/hari) untuk sekedar browsing dan ngecek aktivitas blogwalking. Soalnya kalau buat download yang gede-gede rada keberatan. Kecepatannya cuma sekitar 6kbps. Cuma satu kali seingatku kecepatannya naik jadi 12kbps, tapi itu cuma sekejap, kayak penampakan, trus balik lagi ke 6, 5, 4, 3...kbps.

Smart sendiri memang nggak luarbiasa, tapi setidaknya sedikit lebih baik dalam hal kecepatan rata-rata. Kecepatan downloadnya stabil di kisaran belasan hingga 20ankbps. Mungkin di lokasi dan daerah lain berbeda, bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Itu belum termasuk resiko koneksi drop yang terpaksa memutuskan proses download. Masalahnya nggak semua website file hosting yang mengijinkan melanjutkan percobaan download file yang gagal. Kalau aku nggak salah, diantaranya adalah Mediafire dan 4shared. Yang lainnya mengharuskan kita mengulang dari awal. Beughh.. Kalau udah ketemu masalah kayak gitu, hadeuh... Diri ini hanya bisa bersabar. Sambil menahan keinginan untuk meledakkan bangunan. Apalagi aku sering download file-file rada gede (seenggaknya untuk kecepatan Smart) kayak misalnya lagu se-album yang kusebutkan tadi. Di saat udah sampai belasan MB dari misalnya 90MB,...muncul kotak dialog (aku pake DAP) yang mengatakan "...download link error..." Padahal dulu di awal-awal pake Smart, masih jarang terputus kayak gitu.

Perbedaan lain yang kurasakan diantara paket harian Telkomsel dan Smart, adalah dalam hal loading image. Ini mungkin bukan masalah penting, tapi stres juga kali kalau setiap kali loading image yang kecil-kecil aja, dikit-dikit broken image. Nah, dalam hal ini Telkomsel lebih baik, walau loading pagenya agak lebih lambat dari Smart, tapi dia nggak gampang menyerah untuk nampilin gambar-gambar. Kalo di Smart, biasanya udah dirobek aja, alias icon broken image.

Pengaturan waktu masa berlaku paketnya juga berbeda. Dalam hal ini Smart sangat fleksibel dengan memberikan waktu penuh dan real tidak masalah pada jam berapa pada hari saat kita melakukan request paket. Misalnya aku request paket harian pada jam 4 sore. Maka paketnya akan habis pada jam 4 sore keesokan harinya. Dengan kata lain, full 24 jam. Sementara Telkomsel memberikan batasan waktu yang ketat yaitu pukul 23.59, jadi nggak peduli kita request paket pada jam 7 pagi, 3 sore, 8 malam atau bahkan 23.58 tetap akan berakhir pada jam yang sudah ditetapkan.

Tapi aku mengalami dua kali kejadian aneh waktu pake paket harian Telkomsel. Misalnya dua hari lalu, aku request pada jam 7.13 pagi. Sekitar jam setengah dua dini hari malamnya, aku request lagi, karena mengingat paketnya sudah habis pada pukul 23.59. Kemudian aku dapat SMS yang memberitahukan bahwa aku masih punya paket Flash Unlimited. Aku jadi berpikiran mungkin Telkomsel mulai menerapkan sistem full 24 jam kayak Smart, yang artinya paketku akan habis pada pukul 7.13 pagi. Aku cek pulsa juga masih utuh, alias emang nggak kepake karena beli paketnya gagal, nggak jadi.

Akhirnya aku tunggu sampai pagi.

Setelah lewat jam 7.13, aku cek pulsa sambil bersiap request paket lagi, eh tahu-tahu pulsaku udah hilang 5 ribu! Padahal paket yang aku request jam setengah dua malamnya kan (seharusnya) gagal karena aku masih punya paket seperti dalam pemberitahuan lewat SMS. Tapi yang terjadi seolah-olah request gagal itu disahkan setelah paketku sebelumnya habis pada jam 7 pagi itu. Dan aku tetep nggak dapat apa-apa. Yang ada sisa pulsaku bakal habis tuntas kalau tetep dipake akses Internet.

Brrpphh... Manajemennya nggak jelas banget. Merepotkan.

Smart juga bukannya nggak berdosa. Kadang pulsa Smart terpakai untuk Internet padahal kita sudah bayar untuk beli paket. Anggapanku sebagai orang awam sih yaah sekali-kali lah, lagian kan pelanggan uda enak banget, bayar 3 rebu yang biasanya di warnet cuma dapet sejam, di diye bisa dapet sehari pol. Walaupun kecepatannya disesuaikan lah... Dikasih 7mbps lagi...yang dibagi rata ke puluhan hingga ratusan rumah. Hahay...

Asem-manis menjalani "hubungan" dengan Smart

Dulu waktu pertama kali pakai Smart sekitar setahunan yang lalu, aku masih suka 'sewot garuk-garuk kepala' soal kecepatannya yang nggak sesuai iklan. Yang katanya menyamai 3G lah dan sebagainya.

Sekarang setelah memasuki dunia Smart yang "sesungguhnya", aku udah tenang selama kecepatan download diatas 10kbps. Walaupun untuk dibarengi dengan browsing mesti hati-hati, jangan buka website yang berat-berat karena takut download-an putus. 

Yang pasti aku masih bersyukur karena hari ini Smart udah nggak gangguan lagi, udah bisa diisi pulsa dan request paket harian lagi. Welcome back, Smart.

3 comments:

  1. semuanya ada kekurangan n kekurangan :D

    ReplyDelete
  2. kalau aku masih setia pake SMART; hebat; hemat.....

    ReplyDelete
  3. Kwkwkwkw....
    telkomsel dipelihara... susah gan... kalo aku bilang, kartunya orang berduit...

    kmaren aku pake buat gratisan belum ada 1 bulan n cuman browsing.. langsung diblokir kartuku...

    beda sama xl yang aku pake gratisan ga marah.. cuman dimatiin kalo dah kelamaan...
    :D

    ReplyDelete

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro