Monday, January 17, 2011

Tips Posting Blog

1. First rule: no rules

Pada dasarnya tidak ada yang membatasi bagaimana cara kamu memposting di blog. Blog yang unik dan menarik adalah blog yang ditulis berdasarkan sudut pandang pribadi penulis blognya. Baik itu masalah pribadi, isu sosial, bahkan tutorial dan lain-lain.

Meski ada baiknya, jika kamu 'mengemban' sedikit tanggungjawab penulis media seperti jurnalis. Tanggungjawab yaitu memberikan presentasi yang baik kepada pembaca.

Dalam hal ini, "bersikaplah" seperti tukang obat. Haha. Maksudnya, postingan kamu akan menarik perhatian pembaca jika kamu terlihat memahami betul apa yang kamu bicarakan, apalagi jika kamu bisa menghubung-hubungkannya dengan kehidupan sehari-hari orang lain. Seperti tukang obat yang mengerti obat mana untuk penyakit apa.

2. Link

Jika pembaca sudah tersedot kedalam postingan kamu, mereka akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut.

Masukkanlah link yang menurut kamu akan memperkaya pengetahuan pembaca mengenai apa yang kamu bicarakan.

3. Upload gambar di blog sendiri lebih baik

Awalnya aku juga berpikir, akan lebih menghemat waktu jika menggunakan url gambar untuk memasukkan gambar dalam postingan. Tapi aku salah.

Pertama, karena loading akan semakin lama sebab gambar dimuat melalui website lain. Kedua, resiko gambar yang hilang karena website sumber gambar sudah offline atau mati.

4. Alignment

Mungkin ini masalah sepele, tapi alignment atau pelajuran tulisan yang kita gunakan dalam postingan memberikan kesan yang berbeda.

Misalnya, menggunakan alignment justify yang rata di kedua sisi bisa memberikan kesan rapi dan "corporated media."

Aku sendiri cenderung selalu menggunakan alignment ini karena kesan kerapihannya.

Membiarkan postingan dengan alignment kiri/left memberikan kesan personal, menunjukkan kepribadian penulis blog yang spontan dan youthful.

5. Copaz

Poin-poin dalam budaya copaz atau copy-paste konten ini sebenarnya sudah jelas, antara lain: 1. sebaiknya jangan copy-paste, 2. boleh copy-paste asal mencantumkan sumber.

Tapi jika kamu ingin 'mengesahkannya' sebagai milik pribadi, kamu bisa modifikasi, dipersingkat dengan menyertakan link sumber, atau kolaborasikan dengan konten dari sumber lain mengenai topik yang sama.

Sekian tips posting blog ala Gogotaro.

Kalau kalian punya tambahan tips posting blog, silahkan tulis di komentar.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro