Wednesday, May 25, 2011

Tips Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi bisa meningkatkan resiko serangan jantung, gagal ginjal hingga stroke.

Tekanan darah yang normal hingga sedang berkisar antara 120/80 hingga 140/90. Jika sudah diatas angka tersebut, itu berarti tekanan darah kamu termasuk tinggi, dan perlu perawatan lebih lanjut untuk menghindari gejala penyakit yang lebih serius.

Berikut ini beberapa tips untuk menurunkan tekanan darah.

Hindari garam

Kurangi atau hilangkan sama sekali garam dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Gantilah dengan bumbu-bumbu lain yang ada.

Makanan rendah lemak

Perbanyaklah makanan dengan kadar lemak yang rendah seperti buah dan sayuran yang baik untuk tubuh.

Olahraga teratur

Berolahraga teratur baik untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi berat badan.

Ini bisa dibarengi dengan mengonsumsi produk-produk susu rendah lemak.

Hindari rokok dan alkohol

Nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga mendesak jantung memompa lebih cepat. Menghindari merokok secara signifikan mengurangi resiko serangan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah.

Pada sebagian orang alkohol tidak berpengaruh pada tekanan darah. Namun alangkah baiknya jika menghindari alkohol untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Atasi Stres

Stres bisa memengaruhi tekanan darah. Temukanlah cara-cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan stres.

Ada banyak cara menurunkan stres. Bisa melalui jalan medis seperti obat-obatan dan terapi hingga spiritual seperti meditasi dan yoga.

Jalanilah gaya hidup sehat agar kamu terhindar dari tekanan darah yang tinggi yang bisa memicu berbagai penyakit yang lebih serius.

Jangan ragu meminta bantuan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai tekanan darahmu. Serta dapatkan pengetahuan tentang nutrisi yang kamu butuhkan untuk menjaga tekanan darahmu tetap stabil.

Salam sehat selalu!

6 comments:

  1. Tekanan darah itu berkorelasi postif dengan temperamental kagak ya? thx.. bos :)

    ReplyDelete
  2. ane sih bukan dokter gan, tapi sebenarnya ane juga mengambil informasi ini dari berbagai sumber karena ane sendiri termasuk lumayan tempramental (dikit2 makan beling, anak bayi, dsb.. wakaka). dan ane ingin mengendalikan tekanan darah dengan cara yang benar. soalnya biasanya ane ambil jalan pintas dengan nenggak obat sakit kepala kalo pas lagi butuh fokus dikit. semoga menjawab pertanyaannya. dan thanks udah komen. =]

    ReplyDelete
  3. Wah, susah juga ya untuk menurunkan gula darah

    ReplyDelete
  4. waduh, nggak ada yang masuk tuh sob, semua nya dimakan hehee

    ReplyDelete

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro