Sunday, May 22, 2011

Facebook-an Ala Gogotaro

Facebook adalah salah satu social media yang memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Tidak hanya marketing atau promosi, atau sekedar bersosialisasi di dunia maya, Facebook juga memberikan space untuk iklan berbayar dan bermain game, serta berbagi banyak hal.

Aku sendiri bergabung di Facebook mungkin sekitar tiga tahunan lalu. Dan sejak itu udah beberapa kali cabut dan join lagi. Alasannya karena sebenarnya aku ragu dan kurang nyaman dengan sistem privasi di situs sosial itu. Terlalu banyak informasi pribadi dari orang-orang yang tidak kukenal membuatku sedikit frustasi dan memutuskan, "Sepertinya aku nggak butuh Facebook."

Tapi beberapa lama kemudian, aku merasa kehilangan Facebook. Karena aku masih kepingin membagikan hal-hal yang kuanggap menarik dengan teman-temanku. Link-link dan gambar yang aku anggap lucu, menarik, keren dan sebagainya (yang biasanya aku ambil dari Kaskus).

Selama waktu itu sebenarnya aku udah mulai ngeblog. Tapi karena menganggap 'pekerjaan' ngeblog-ku cukup sederhana dan nggak membutuhkan pekerjaan yang terlalu berat, aku nggak terlalu berpikir untuk menggunakan Facebook sebagai alat promosi. Malah aku merasa kurang nyaman kalau promosi link di Facebook karena takut dibilang "kelihatan banget promosinya" dan sebagainya sama temen sendiri.

Setelah tahun-tahun yang terasa singkat itu, akhirnya aku memutuskan kembali menggunakan Facebook. Tapi kali ini aku menetapkan fokus untuk menggunakannya sebagai sarana promosi blog. Aku udah nggak peduli lagi bakal merasa malu atau dicap tukang promosi. Aku udah siap kalau nanti akan dianggap mengganggu dengan link-link yang nyepam. Dengan anggapan ntar lama-lama orang juga akan menaruh perhatian.

Tapi sebelum itu benar-benar terjadi, takdir mempertemukanku dengan komunitas keren ini: Komunitas Blogwalking /20'. Sebuah grup di Facebook, tempat dimana berkumpulnya para blogger untuk saling berdiskusi, tukar informasi dan tentunya...promosi link, dong. Hehe.

Aku lupa darimana aku mendapat informasi tentang KBW. Yang aku inget kebetulan waktu itu aku baru memulai blog Gogotaro ini. Jadi momennya emang pas banget.

Sekarang aku masih suka update status dan upload-upload foto di Facebook. Tapi yang jelas lebih dibatasi dan nggak mau keasyikan Facebook-an dengan cara seperti itu. Yang ada sekarang hampir setiap hari aku menyantap link-link dari grup KBW dan HTC, blogwalking dari blog ke blog, meninggalkan pesan atau komentar dengan harapan mendapatkan feedback yang positif demi perkembangan blogku sendiri.

Facebook mungkin bukan tempat yang paling menyenangkan bagiku sekarang. Tapi dengan adanya komunitas-komunitas seperti KBW dan HTC, aktivitas bloggingku sehari-hari jadi terasa lebih simpel dan efisien. Aku senang dan berterimakasih pada para adminnya, pandawa-pandawa HTC yang mewujudkan ide yang mujarab ini dan membantu kita semua para blogger untuk saling terhubung dan mendukung satu sama lain. Dan memberiku alasan yang bagus untuk login ke Facebook setiap hari. Hehehe. =D

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut kamu?

Hai!

Blog ini tidak di-update lagi. Silahkan Browse Arsip dibawah untuk mencari yang kamu butuhkan. Terimakasih sudah berkunjung! =]

~ Gogotaro